Picture
Banyuwangi memiliki sebuah seni pertunjukkan yang menggabungkan tari tradisional dengan olah peran (teater). Pertunjukkan ini diberi nama Damarwulan. Dalam setiap pertunjukkannya, semua pemain harus bisa menari sekaligus memerankan seorang tokoh. Selain menjadi perpaduan dua unsur seni pertunjukkan, Damarwulan pun merupakan wujud akulturasi dua kebudayaan, yakni Bali dan Banyuwangi.


 

Ludruk

08/01/2013

0 Comments

 
Picture
Ludruk merupakan kesenian teater rakyat Jawa Timur yang berasal dari kalangan rakyat jelata. Di Surabaya, kesenian Ludruk masih tetap bertahan meski hanya dipentaskan oleh beberapa puluh pemain saja. Harga tiket menonton Ludruk sebenarnya cukup murah, tetapi jumlah penontonnya semakin lama semakin berkurang, rata-rata 10-15 orang saja pada setiap pementasan. Mendapatkan penghasilan yang rendah membuat para pemain mau tidak mau harus memiliki pekerjaan sampingan.


 
 
Picture
Wayang merupakan kesenian tradisional asli milik nusantara yang berkembang di masyarakat Jawa dan Bali, serta sebagian wilayah Sumatera dan Melayu yang terpengaruh budaya Jawa. Tidak ada informasi yang menjelaskan kapan pastinya kesenian ini mulai ada di Indonesia, tapi sebuah prasasti bernama Prasasti Balitung yang berada di Magelang Utara peninggalan Kerajaan Mataram Kuno berangka tahun 907 Masehi menggambarkan adanya kesenian wayang pada masyarakat Jawa. 


 
 
Picture
Reog adalah salah satu kesenian budaya yang berasal dari Jawa Timur bagian barat-laut dan Ponorogo dianggap sebagai kota asal Reog yang sebenarnya. Gerbang kota Ponorogo dihiasi oleh sosok warok dan gemblak, dua sosok yang ikut tampil pada saat reog dipertunjukkan. Reog adalah salah satu budaya daerah di Indonesia yang masih sangat kental dengan hal-hal yang berbau mistik dan ilmu kebatinan yang kuat.



 
 
Picture
Masyarakat Osing dari Banyuwangi, Jawa Timur, memiliki karakteristik yang berbeda dengan masyarakat Jawa Timur pada umumnya. Salah satunya terlihat dari upacara barong ider bumi. Upacara ini rutin diadakan setiap tahun, pada hari kedua Bulan Syawal.
Upacara barong ider bumi merupakan ritual pengusir bahaya dan permohonan kesuburan kepada Sang Maha Kuasa. Selain itu,


 
 
Picture
Masyarakat Dusun Krajan, Desa Alasmalang, Kecamatan Singojuruh, Banyuwangi, Jawa Timur, memiliki sebuah tradisi untuk mengusir penyakit dan hama. Namanya adalah tradisi kebo-keboan. Tradisi ini berawal dari munculnya berbagai hama (masyarakat Dusun Krajan menyebutnya pagebluk) yang merusak tanaman milik warga. Setelah diadakan tradisi kebo-keboan, berbagai hama tersebut tiba-tiba lenyap. Masyarakat yang menderita penyakit pun sembuh.


 
 
Picture
Selain terkenal dengan Sate Madura, Soto Madura serta dan garamnya, Pulau Madura memiliki banyak kebudayaan yang masih terus dilestarikan. Salah satunya adalah tradisi Karapan sapi yang merupakan istilah untuk menyebut perlombaan pacuan sapi. Karapan sapi sudah ada sebelum abad XV Masehi.


 
 
Picture
Salah satu kesenian khas yang menjadi icon Kabupaten Banyuwangi adalah Tari Gandrung. Tari yang masih satu aliran dengan Jaipong (Jawa Barat) dan Ronggeng (Jawa Tengah) ini menjadi hiburan rakyat di acara-acara hajatan. Tari Gandrung biasanya disuguhkan dalam menyambut musim panen raya, resepsi pernikahan, khitanan, serta seremonial lainnya. Tarian ini ditampilkan sebagai penghargaan bagi para hadirin dan tamu undangan.


 

    Ke Halaman :

    Pertunjukan

    Kerajinan